Selasa, 19 Januari 2010

1 cara merawat anggrek

Berikut ini ada tips merawat anggrek :

Lokasi suhu dan kelembaban:Anggrek akan tumbuh dengan baik jika didataran tinggi tapi jika didataran rendah juga bisa hidup , tapi harus memenuhi ketentuan yang tepat (suhu berkisar 15-35 derajat celcuius (suhu optimum 21 derajat celcius) dengan sirkulasi udara yang baik. Kelembaban udara berkisar 65-70%.

Cahaya matahari: Tanaman Anggrek pantang kena sinar matahari langsung tetapi masih bisa jika terkena sinar matahari pagi (antara jam 7-9 pagi). Anggek yang kurang dapat cahaya matahari tumbuh kurus, berdaun sempit dan panjang. Sebaliknya akan tumbuh dengan baik jika digantung dibawah kerimbunan pohon.

Penyiraman : Tidak ada patokan tepat untuk menyiram anggrek.Cara praktis untuk mengetahui apakah tanaman sudah perlu disiram dengan memantau kondisi media tanamnya. Penyiraman sebaiknya dengan sprayer dan air yang digunakan bebas kaporit dan senyawa kimia lainnya. Anggrek muda lebih membutuhkan banyak air, penyiraman sebaiknya satu hari sekali. Untuk anggrek yang lebih besar, dua hari sekali cukup memadai, terlalu banyak air akan membuat anggrek mudah diserang jamur yang menyebabkan daun dan akar membusuk. Bunga anggrek sebaiknya jangan terkena air karena akan cepat rontok.

Pemupukan : Anggrek perlu dipupuk untuk membuatnya rajin berbunga. Tips untuk memilih pupuk yang tepat adalah pilih pupuk cair (pupuk daun), unsur makro NPK harus disesuaikan dengan usia tanaman (anggrek muda memerlukan unsur N lebih banyak, sedangkan anggrek siap berbunga memerlukan unsur P lebih banyak). Pemupukan dilakukan seminggu sekali dengan dosis 1/2 sdt untuk 1 liter air. Semprotkan larutan pupuk dan sprayer pada bagaian daun dan akar. Pemupukan bisa dilakukan lebih sering dengan mengurangi dosis.
Media tanam :Media tanam yang baik adalah yang tidak cepat lapuk, memudahkan akar menempel zat hara, serta tidak mudah menjadi sumber penyakit. Macam media adalah pakis, moss, serabut kelapa , arang kayu, pecahan batu bata/genteng.

POT : Untuk pot bisa dipilih pot tanah/plastik. Pot tanah bisa menyimpan air, sedangkan pot plastik tidak bisa. Anggrek juga bagus ditanam diblok pakis dan digantung dibawah pohon, secara berkala sebaiknya dilakukan repotting, misalnya enam bulan sekali untuk memberi ruang lebih pada akar anggrek.

1 komentar:

  1. my videos.hfc - YouTube - Videodl.cc
    ‎Videos · ‎Music Videos · ‎Live Videos · ‎Live Videos · ‎Promotions ‎About · youtube converter ‎FAQs

    BalasHapus